Unila Adakan Outbound Bagi 590 Mahasiswa Bidikmisi

(Unila) : Tingkatkan kebersamaan antarmahasiswa bidik misi, Universitas Lampung (Unila) mengadakan outbound bertema membentuk jiwa kepemimpinan, motivasi, dan kerja sama tim. Kegiatan yangdiadakan untuk kali pertama ini ditujukan untuk meningkatkan kebersamaan dan ajang saling mengenal ini digelar bagi mahasiswa bidik misi angkatan III tahun 2012 di Taman Wisata Alam Wira Garden di Jalan Wan Abdul Rahman, Batuputu, Bandarlampung, Sabtu-Minggu (6-7/9).

Ketua Pelaksana Kegiatan Qadar Hasani, S.Pi., M.Si., mengatakan, penyelenggaraan outbound dinilai kegiatan yang paling pas berkaitan dengan tema yang diusung. Selama dua hari mahasiswa bidik misi mendapatkan beberapa materi mulai dari olahraga, kesehatan, kepemimpinan, motivasi, keberanian, kerja sama tim, pemecahan masalah, serta relaksasi.

Dijelaskan Qadar yang juga selaku pengelola bidik misi Unila ini, dalam jumlah besar antarmahasiswa bidik misi belum saling mengenal. Jika belum kenal bagaimana bisa bekerja sama dalam satu tim. Oleh karena itu pihaknya berharap kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sunarto DM, S.H., M.H., ini menjadi wadah mahasiswa bidik misi untuk saling berkomunikasi meski dalam kelompok dan jurusan yang berbeda-beda.“Malamnya kita gelar api unggun dan malam renungan. Selain pencerahan, di sini mahasiswa bidik misi diberikan pengarahan tentang program beasiswa bagi mahasiswa prasejahtera yang sudah digulirkan Unila sejak 2010 lalu,” paparnya.
Qadar merinci, sejak digulirkan 2010 lalu Unila telah mewisuda sejumlah mahasiswa bidik misi angkatan I yang berjumlah 300 orang. Sementara pada tahun 2011 Unila menerima sekitar 400 orang, tahun 2012 sebanyak 590 orang, tahun 2013 sebanyak 700 orang, dan tahun 2014 sebanyak 805 orang. Adapun proses pembinaan dilakukan sejak semester I-IV oleh pihak universitas sedangkan semester V-VIII dipegang oleh fakultas masing-masing.

Proses pembinaan sendiri mulai dari pengenalan kurikulum yang berisi pelatihan penghindaran kenakalan remaja, keorganisasian, pusat kegiatan mahasiswa, menulis karya tulis ilmiah sesuai jenjang semester, bagaimana menyiapkan diri di bidang kewirausahan, hingga persiapan memasuki dunia kerja.[] Inay