UKT FK Unila Paling Murah

Biaya kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila) bisa jadi yang paling murah pascapemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT). Ini jika dibanding dengan daerah lain. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unila Dr. Sutyarso, M. Biomed., didampingi Pembantu Dekan II FK Unila dr. Susianti, uang semester mahasiswa kedokteran relatif stabil. Besaran SPP terbesar Rp15 juta per semester.

Ia merincikan, pasca UKT mahasiswa dibagi lima kelompok. Yakni satu sampai lima. Mahasiswa kurang mampu dimasukkan kelompok 1-2; menengah (3-4), dan mampu (5).  Besaran SPP untuk kelompok 1 ditetapkan Rp0–Rp500 ribu/semester; kelompok 2 Rp500 ribu–Rp1 juta/semester; dan kelompok 5 Rp12,6 juta–Rp15 juta/semester.

Sementara tahun lalu tidak ada pembagian golongan mahasiswa. SPP ditetapkan berdasarkan uang pangkal yang dibagi Rp40 juta dengan SPP Rp9,8 juta per semester dan Rp60 juta dengan SPP Rp2 juta per semester.

’’Tahun lalu, dalam delapan semester biaya yang dikeluarkan Rp120 juta. Sementara dengan penyesuaian kurikulum 2013 masa studi jadi tujuh semester dengan besaran biaya kuliah maksimal Rp105 juta,’’ beber Sutyarso.

Sebagai perbandingan, pelonjakan UKT yang drastis terjadi di Prodi Pendidikan Dokter FK Universitas Brawijaya, Malang. Besaran UKT untuk mahasiswa kelompok 1 adalah Rp500 ribu/semester. Kemudian kelompok 2 Rp1 juta/semester.

Tapi, untuk mahasiswa kelompok 3 besaran UKT naik hingga lipat 12 kali menjadi Rp12,870 juta/semester. Untuk kelompok 6 (mahasiswa reguler dengan tingkat ekonomi terkaya) besaran UKT Rp21,450 juta/semester.

Berikutnya peningkatan uang kuliah yang cukup signifikan juga muncul di Prodi Pendidikan Dokter Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Tarif UKT untuk mahasiswa kelompok 1 (paling rendah/miskin) Rp0–Rp500 ribu/semester dan kelompok 2 Rp1,250 juta/semester. Tapi, untuk kelompok 3 tarif UKT naik menjadi Rp7,5 juta/semester dan mahasiswa kelompok 6 (paling tinggi) Rp25 juta/semester.

Sutyarso menerangkan, stabilitas biaya kuliah ini disebabkan sistem transisi yang diterapkan FK Unila, yang baru-baru ini meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Salah satu komponen penilaian terbaiknya akuntabilitas terhadap penggunaan SPP yang transparan.


Sumber : Radar Lampung – Kamis, 30 Mei 2013

Artikel ini diambil dari berbagai media yang memberitakan tentang Universitas Lampung, tidak memperhitungkan ada kerjasama atau tidak dengan media tersebut.