Tunjang ISO, Unila Upgrade Kapasitas Satpam

 

SEBAGAI salah satu perguruan tinggi terakreditasi A dan berstandar ISO, Universitas Lampung (Unila) mengadakan pembinaan kepada 33 personel satuan pengaman (satpam) tingkat universitas dan fakultas.

Pembinaan dilakukan di belakang gedung Rektorat, Senin (17/4/2017) dengan menghadirkan Kompol Sahrudin Lubis dan Bripka Sopian dari Satbimnas Kepolisian Daerah Lampung.

Kompol Sahrudin Lubis dalam arahannya memaparkan tentang tugas pokok dan fungsi satuan pengaman. Menurutnya, satpam di perguruan tinggi berperan sebagai polisi kampus yang ditandai dengan lambang kepolisian pada seragam yang dikenakan. Oleh karena itu semua personel harus bertindak sesuai prosedur.

Sahrudin juga menekankan tentang pemahaman butir-butir Pancasila dan prinsip-prinsip penuntun satpam seperti kedisiplinan, kepatuhan, ketaatan, kejujuran, dan tanggungjawab. Selanjutnya pengarahan juga disampaikan Bripka Sopian terkait pengaturan lalu lintas di dalam kampus.

Komandan Satpam Unila Syafe’i juga mengungkapkan pembinaan perlu dilakukan untuk menguatkan dan meningkatkan kapasitas masing-masing personel agar dapat menjalankan tugas sesuai standar prosedur operasional yang berlaku sehingga mereka dapat bekerja secara profesional.

“Momen ini juga kami manfaatkan untuk menekankan kembali amanat Rektor Unila tentang pentingnya meningkatkan kedisiplinan anggota dalam melaksanakan tugas,” ujarnya.

Tak hanya pembinaan, lanjut Syafe’i, apel kali ini sekaligus mengenalkan pejabat baru di Biro Umum dan Ainistras Keuangan yakni Yodhi Rahmadani, S.E., selaku Kepala Bagian HTL BMNU dan Tejo Utoyo, S.Kom., sebagai Kepala Subbagian Rumah Tangga.

Dalam sambutannya Yodhi mengapresiasi kinerja di bawah kepemimpinan Komandan Satpam Syafe’i dan seluruh anggotanya dalam melaksanakan tugas. Mantan Kabag Informasi dan Humas ini menilai dalam enam bulan terakhir kondisi keamanan di Unila cukup kondusif dan teratur.

“Saya mengimbau kepada seluruh personel untuk tetap melaksanakan 3S (senyum, sapa, salam) dalam menjalankan tugas. Kinerja satpam juga harus menunjang apa yang menjadi kebijakan maupun program Universitas Lampung,” kata dia.[Inay_Humas]