Sarana Akademik

Sarana Akademik

Kantor Administrasi Pusat

Kantor Administrasi Pusat Merupakan pusat kegiatan akademik administrasi Universitas Lampung. Gedung ini dipergunakan sebagai kantor Rektor, Wakil Rektor I (Bidang Akademik), Wakil Rektor II (Bidang Administrasi Umum dan Keuangan), Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni), dan Wakil Rektor IV (Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selain itu gedung ini dipergunakan pula untuk KantorLembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat; Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas; UPT Kearsipan; dan UPT Kerjasama Internasional. Ketiga Biro yaitu BAK, BUK dan BPKH juga berkantor disini.

Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK)

BAK mempunyai tugas memberikan layanan di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan. Dalam melaksanakan tugas, BAK  menyelenggarakan fungsi:

  1. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan pendidikan yang meliputi layanan administrasi pendidikan, registrasi, dan wisuda;
  2. Perencanaan, pelaksanaan evaluasi layanan sistem informasi akademik, evaluasi dosen, dan akreditasi program studi dan institusi;
  3. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan kemahasiswaan yang meliputi layanan administrasi minat, bakat, penalaran, dan kesejahteraan mahasiswa.

Biro Umum dan Keuangan (BUK)

BUK mempunyai  tugas  melaksanakan  urusan  administrasi keuangan,  kepegawaian, umum, kerumahtanggaan, hukum dan ketatalaksanaan, perlengkapan, dan aset.

Dalam melaksanakan tugasnya,   BUK menyelenggarakan fungsi:

  1. perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian urusan kepegawaian;
  2. perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian urusan keuangan dan akuntansi;
  3. perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian urusan umum, kerumahtanggaan, hukum dan ketatalaksanaan, serta perlengkapan dan aset.

Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM)

BPHM  mempunyai tugas melaksanakan urusan:

  1. Administrasi perencanaan, penggangaran dan pengendalian program dan kegiatan.
  2. Administrasi kerja sama dalam dan luar negeri
  3. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan kehumasan dan keprotokolan.

Dalam melaksanakan tugasnya, BPHM menyelenggarakan fungsi:

  1. Perencanaan strategik dan pengembangan;
  2. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program, kegiatan, dan anggaran tahunan;
  3. Perencanaan dan pengadministrasian kerjasama dalam dan luar negeri; dan
  4. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan kehumasan dan keprotokolan.

 

UPT Perpustakaan

UPT Perpustakaan merupakan unit penunjang akademik di bidang perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan pemberian layanan kepustakaan untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam melaksanakan tugasnya, UPT Perpustakaan menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana kebutuhan dan penyediaan bahan pustaka;
  2. pengolahan bahan pustaka;
  3. pemberian layanan dan pendayagunaan bahan pustaka;
  4. pemeliharaan bahan pustaka;
  5. pengembangan dan pengelolaan sistem teknologi informasi perpustakaan
  6. pelaksanaan urusan tata usaha perpustakaan.

 

UPT Bahasa

UPT Bahasa merupakan unit pelaksana teknis di bidang pengembangan pembelajaran dan layanan kebahasaan mempunyai tugas melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan, dan tes bahasa.

Dalam melaksanakan tugasnya, UPT Bahasa menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan penyusunan rencana, program, dan anggaran;
  2. pengembangan pembelajaran bahasa;
  3. pelayanan peningkatan kemampuan bahasa bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan;
  4. pelaksanaan tes kemampuan bahasa bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan; dan
  5. pelaksanaan urusan tata usaha pusat bahasa.

 

UPT Kearsipan

UPT Kearsipan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan arsip.

Dalam melaksanakan tugasnya , UPT Kearsipan menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan penyusunan rencana, program, dan anggaran;
  2. pelaksanaan pengelolaan arsip; dan
  3. pelaksanaan urusan tata usaha UPT Kearsipan.

 

UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan

UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan – unit kerja yang bertujuan untuk membantu penyerapan lulusan oleh dunia kerja – mempunyai tugas menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi dan menumbuhkan minat dan budaya  kewirausahaan mahasiswa dan alumni.

Dalam pelaksanaan tugasnya, UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan menyelenggarakan fungsi:

  1. perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan penelusuran dan pendataan lulusan (tracer study),
  2. perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan pembinaan mahasiswa melalui pelatihan untuk meningkatkan kewirausahaan,
  3. perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian perekrutan, pembinaan dan konsultasi karir.

 

UPT Laboratorium Terpadu dan Inovasi Teknologi 

UPT Laboratorium Terpadu  dan Inovasi Teknologi mem[unyai tugas mengeolan kegiatan  penelitian dan pengembangan ilmu terapan biomasa, rekayasa dan teknologi, dan bioteknologi.

Dalam pelaksanaan tugasnya, UPT Laboratorium Terpadu dan Inovasi Teknologi menyelenggarakan fungsi:

  • Pelaksanaan penyusunan rencana, program, dan anggaran;
  • Riset dan pengembangan biomasa, rekayasa dan teknologi, dan bioteknologi;
  • Pengembangan bisnis berbagai hasil riset dan pengembangan;
  • Pelaksanaan urusan tata usaha.

 

 UPT Kantor Urusan Internasional

UPT Kantor Urusan Internasional (KUI) mempunyai tugas mengelola pengembangan kerja sama luar negeri baik perguruan tinggi, pemerintah, dunia usaha, maupun lembaga non laba yang berada di luar negeri, dan pengelolaan internasionalisasi program akademik.

Dalam pelaksanaan tugasnya, UPT KUI menyelenggarakan fungsi merencanakan, menganggarkan, melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, mengevaluasi, dan melaporkan kinerja operasionalisasi KUI, pegembangan kerjasama luar negeri dan   internasionalisasi program akademik.

 

SARANA UMUM

Gedung Serba Guna (GSG) yang cukup megah sesuai dengan namanya, digunakan dalam berbagai kegiatan, antara lain kuliah umum, kegiatan wisuda, olahraga, dan kegiatan lain terutama oleh mahasiswa Univeristas Lampung.
Selain itu, gedung ini di izinkan pula untuk dipergunakan oleh lembaga pendidikan lain bahkan masyarakat umum dapat pula menggunakannya dengan persyaratan-persyaratan tertentu.

Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)
Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa dipergunakan untuk kegiatan para mahasiswa dalam berorganisasi intra universitas baik yang bersifat teknologi maupun seni. Di gedung ini terdapat Kantor Dewan Mahasiswa Universitas Lampung, Pramuka, Koperasi Mahasiswa, dan Menwa. Berbagai kegiatan kesenian dan pameran, misalnya filateli diselenggarakan di gedung ini.

Sarana Olah Raga
Untuk membina mahasiswa dalam bidang olah raga, berbagai faslitas olahraga telah dimiliki unila. Fasilitas olahraga tersebut antara lain : kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan hoki, bahkan padepokan yudo telah berdiri megah pula. Dengan sarana olah raga yang telah ada diharapkan dapat dihasilkan olahragawan yang berprestasi nasional maupun internasional.

Kantor Pos
Universitas Lampung memiliki mahasiswa dari berbagai daerah, oleh karna itu keberadaan kantor pos sangat membantu mahasiswa dalam berhubungan dengan keluarganya. Selain itu disadari pula bahwa Universitas Lampung semakin besar dan konsekuensinya membutuhkan jasa pelayanan pos. Karena itu kantor pos diberi prioritas untuk membangun gedung di lingkungan kampus.

BNI Kantor Cabang Pembantu Unila
Jasa bank sangat dibutuhkan oleh Universitas Lampung maupun masyarakat kampus. Oleh karena itu BNI diizinkan untuk membuka Kantor Cabang Pembantu di kampus Unila. Bank ini dibutuhkan untuk memperlancar lalu lintas keuangan baik bagi Unila, dosen, dan mahasiswanya.

Wisma Tamu
Unila memilki wisma tamu yaitu tempat penginapan bagi para dosen, atau masyarakat terutama yang berhubungan dengan Universitas Lampung. Wisma tamu ini terutama digunakan untuk menamapung para dosen dari perguruan tinggi lain yang melakukan kegiatan di Universitas Lampung, antara lain seminar, lokarya, serta kegiatan-kegiatan lainya. Wisma tamu ini juga dapat dipergunakan oleh pihak lain yang membutuhkan.

Toko Koperasi
Sebagai wadah untuk berlatih dibidang bisnis bagi mahasiswa, Koperasi Mahasiswa yang bertempat di Gedung Kegiatan Kemahasiswaan sangat membantu bagi para mahasiswa dalam memenuhi keperluan kuliah, antara lain buku-buku, jasa fotokopi, rental komputer, dan berbagai kebutuhan lainya. Selain koperasi mahasiswa, KPN Bina Dharma yaitu koperasi pegawai Universitas Lampung juga membuka toko dengan melayani kebutuhan para pegawai dan mahasiswa. Dalam toko tersebut disajikan berbagai kebutuhan pegawai dan keluarganya. Selain itu, kebutuhan mahasiswa sperti jasa fotokopi, kios telepon, serta kebutuhan lain.

Kafetaria  dan Kantin
Untuk membantu keperluan makan siang bagi para mahasiswa maupun pegawai, Dharma Wanita Universitas Lampung membuka kafetaria dan kantin yang bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Kemahasiswaan. Kafetaria dan kantin ini dibuka dengan maksud antara lain membantu pemenuhan gizi dengan harga yang terjangkau sehingga mereka tidak perlu jauh meninggalkan tempat tugas.

Masjid Al-Wasi’i
Bangunan masjid yang megah dan luas didirikan di kampus Universitas Lampung dimaksudkan untuk meningkatkan pembinaan kerohanian bagi masyarakat kampus yaitu dosen, mahasiswa, serta masyarakat di sekitarnya. Masjid ini dikelola oleh para dosen, mahasiswa, dan pegawai. Berbagai kegiatan keagamaan baik yang ditujukan bagi sivitas akademika maupun masyarakat umum dapat dilaksanakan.

Taman Kanak-Kanak
Dharma Wanita Universitas Lampung dalam salah satu kegiatanya mendirikan Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Universitas Lampung. Taman Kanak-kanak tersebut, selain menampung putra-putri para dosen, dan pegawai Universitas Lampung dapat ikut mencerdaskan bangsa.

Tempat Parkir
Dengan jumlah pegawai dan mahasiswa yang cukup banyak, kebutuhan tempat parkir sangat diperlukan oleh Universitas Lampung. Tempat parkir yang aman dengan suasana yang terlindungi oleh pepohonan banyak tersedia di berbagai unit kerja. Khusus parkir sepeda motor disediakan tersendiri untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lints kampus.

Transportasi ke Kampus Universitas Lampung
Universitas Lampung dapat dijangkau dengan mudah dengan berbagai kendaraan umum, baik bus, taksi, maupun kendaraan pribadi. Berdampingan dengan kampus Universitas Lampung, terdapat Terminal induk bis Rajabasa, sehingga dengan kendaraan umum dalam kota, kampus Universitas Lampung dengan cepat dapat terjangkau.

 

 

UNIVERSITAS LAMPUNG DALAM ANGKA Luas Ruang Dosen dan Ruang Kerja Administrasi Tabel : 54
Universitas Lampung Lembar : 01
Tahun 2005 – 2009
No Fakultas/Jenis Ruang 2005 (m2) 2006 (m2) 2007 (m2) 2008 (m2) 2009 (m2)
1 FAK. EKONOMI
a. R. Kerja Dosen 660 660 660 660 660
b. R. Kerja Administrasi 779 779 779 779 779
c. R. Lain-lain 1879 1879 1879 1879 1879
2 FAK. HUKUM
a. R. Kerja Dosen 857 857 857 857 857
b. R. Kerja Administrasi 424 424 424 424 424
c. R. Lain-lain 1974 1974 1974 1974 1974
3 FAK. KIP
a. R. Kerja Dosen 1770 1770 1770 1770 1770
b. R. Kerja Administrasi 1294 1294 1294 1294 1294
c. R. Lain-lain 4084 4084 4084 4084 4084
4 FAK. PERTANIAN
a. R. Kerja Dosen 2226 2226 2226 2226 2226
b. R. Kerja Administrasi 1152 1152 1152 1152 1152
c. R. Lain-lain 1016 1016 1016 1016 1016
5 FAK. TEKNIK
a. R. Kerja Dosen 1037 1037 1037 1037 1037
b. R. Kerja Administrasi 1421 1421 1421 1421 1421
c. R. Lain-lain
6 FAK. ISIP
a. R. Kerja Dosen 423 423 423 423 423
b. R. Kerja Administrasi 416 416 416 416 416
c. R. Lain-lain 558 558 558 558 558
7 FAK. MIPA
a. R. Kerja Dosen 468 468 468 468 468
b. R. Kerja Administrasi 301 301 301 301 301
c. R. Lain-lain 4014 4014 4014 4014 4014
8 PS. KEDOKTERAN
a. R. Kerja Dosen 120 120 120 120 120
b. R. Kerja Administrasi 100 100 100 100 100
c. R. Lain-lain
9 KPA
a. R. Kerja Dosen
b. R. Kerja Administrasi 9363 9363 9363 9363 9363
c. R. Lain-lain 10929 10929 10929 10929 10929
Rata-Rata UNILA
a. R. Kerja Dosen 6689 6689 6689 6689 6689
b. R. Kerja Administrasi 15989 15989 15989 15989 15989
c. R. Lain-lain 30143 30143 30143 30143 30143

 

Laboratorium

UNIVERSITAS LAMPUNG LUAS RUANG LABORATORIUM Tabel : 55
UNIVERSITAS LAMPUNG Lembar : 01
DALAM ANGKA TAHUN 2009
No Fakultas FE (m2) FH (m2) FKIP (m2) FP (m2) FT (m2) FISIP (m2) FMIPA (m2) PSPD (m2)
1 Ruang Kuliah 1609.67 5,070 2114.12 2,141.62 2002.05
2 Laboratorium 176.31 712 13,064.26 292.97 7,001
3 Perpustakaan 72.79 672 224.64 81.25 151.2
4 Ruang Studio 193.2 14.3
5 Kegiatan Kemahasiswaan 104.4 54 72 199.76 236.245
6 Ruang Dosen 886 763.84 1,988 517.86 549.9
7 Kantor/Administrasi 487.03 943 1396.26 640.52 673.61
8 Ruang Serbaguna 83.41
9 Ruang Olahraga
10 Ruang Penelitian 19.45
11 Ruang Pengabdian Masyarakat 43.5 19.45
12 Ruang Percetakan 34.31
13 Koperasi Mahasiswa
14 Bursa Mahasiswa
15 Poliklinik
16 Sarana Ibadah 16.24 166 120
17 Kantin 35
18 Toilet 243 447 441 268.8

 

Luas Dan Lokasi

 

UNIVERSITAS LAMPUNG LUAS LOKASI GEDUNG DAN TANAH MILIK UNIVERSITAS LAMPUNG Tabel : 56
BERDASARKAN GEDUNG DAN PERUNTUKANNYA Lembar : 01
DALAM ANGKA TAHUN 2009
No NAMA GEDUNG Luas (M2) No LOKASI TANAH Luas (M2)
1 Gedung Perkantoran 21.223 m2 1 Kampus Gedung Meneng 700.000 m3
2 Gedung Kuliah Fak. Ekonomi 5.880 m2 2 Tanah Kampus PGSD Tanjung Karang 25.000 m2
3 Gedung Kuliah Fak. Hukum 4.550 m2 3 Tanah Kampus PGSD Metro 42.250 m2
4 Gedung Kuliah Fak. Teknik 13.987 m2 4 Tanah Perumahan Tanjung Gading 3.550 m2
5 Gedung Kuliah Fak. KIP 9.582 m2 5 Tanah Perumahan Cimeng 3.561 m2
6 Gedung Kuliah Fak. Pertanian 4.292 m2 6 Tanah Perumahan Gunung Mas 4.720 m2
7 Gedung Kuliah Fak. MIPA 1.600 m2 7 Tanah SMU Unila 2.917 m2
8 Gedung Kuliah Fak. ISIP 6.870 m2 8 Tanah Persiapan Fakultas Kedokteran 21.209 m2
9 Gedung Kuliah PGSD Tanjung Karang 2.032 m2 9 Tanah Kebun Percobaan di Lampung Barat 200.000 m2
10 Gedung Kuliah PGSD Metro 9.321,7 m2 10 Tanah Kebun Percobaan di Lampung Selatan 30.000 m2
11 Gedung Lab/Bengkel FKIP 1.800 m2 11 Tanah Kebun Percobaan di Tanjung Karang Barat 55.463 m2
12 Gedung Lab/Bengkel FP 10.524 m2 12
13 Gedung Lab/Bengkel FT 21.223 m2 13
14 Gedung Lab/Bengkel FMIPA 9.000 m2 14
TOTAL 121.885 m2 TOTAL 1,088,670 m2

 

Alat Bantu

Jumlah alat bantu pembelajaran Unila
No. Unit Kerja Jenis Alat Bantu Pembelajaran
LCD OHP Wireless Sound System Kamera Video Video Player VCD Player Tape Recorder Layar Kompu-ter PC
1 Rektorat (Rumah Tangga) 22 2 24 8 5 1 2 17 280
2 Fak. Ekonomi 39 48 39 6 0 8 1 0 42
3 Fak. Hukum 18 13 0 6 0 0 1 10 83
4 Fak. KIP 83 44 29 16 19 2 44 28 109
5 Fak. Pertanian 48 59 3 7 3 1 2 12 238
6 Fak. Teknik 34 39 12 1 0 0 1 6 202
7 Fak. ISIP 27 24 38 3 0 0 4 14 193
8 Fak. MIPA 22 17 2 0 0 0 0 6 142
9 Fak. Kedokteran 21 12 1 1 0 0 0 4 32
10 Lembaga Penelitian 1 9 0 10 0 0 3 1 18
11 LPM 2 3 5 0 0 7 4 0 50
12 UPT. Puskom 6 1 2 0 0 0 0 0 297
13 UPT. Kebun 0 0 0 0 0 0 0 0 0
14 UPT. Balai Bahasa 0 1 0 0 4 0 0 0 13
15 UPT. P. Pendidikan 0 2 0 1 0 0 0 0 3
16 UPT. Perpus 2 3 0 0 0 0 0 0 50
17 UPT. Fasora 0 5 5 0 0 0 4 0 2
18 UPT. Percetakan 0 0 2 0 0 1 2 0 4
19 UPT. PJK 0 0 0 0 0 0 0 0 0
Jumlah 325 282 162 59 31 20 68 98 1758

 

Koleksi Perpustakaan

Jumlah koleksi judul perpustakaan
No Kelompok Ilmu Tahun
2008 2009 2010 2011 2012
A BUKU        
– IPA/Murni 9,619 10,051 10,137 10,142 10,142
– IPS 38,856 40,274 40.360 40.510 40.560
– Agama 2,553 2,561 2,647 2,652 2,679
– Umum 2,276 2.310 2,396 2,398 2,421
– Filsafat 1,641 1,679 1,765 1,765 1,765
– Bahasa 2,204 2.240 2,331 2,351 2,398
– Ilmu Pengetahuan Praktis/Teknologi 29,705 30,327 30,413 30,518 30,568
– Kesenian,Hiburan, Olahraga 1,402 1,436 1,522 1,522 1,522
– Kesusasteraan 1,940 1,966 2,052 2,054 2,104
– Sejarah, Biografi, dan Ilmu Bumi 2,121 2,122 2,208 2,211 2,211
Jumlah 92,317 94,966 95,831 96,123 96,370
B JURNAL
– Jurnal Internasional 17 4 2 3
– Jurnal nasional terakreditasi 51 31 2 2
– Jurnal tak terakreditasi 9 5
– Proseding 4 12 23
Jumlah 81 52 27 5 0
C SKRIPSI
– Skripsi 32,113 32,668 35,152 38,225 39,955
Jumlah 32,113 32,668 35,152 38,225 39,955
D TESIS
– Tesis 415 473 644 913 993
Jumlah 415 473 644 913 993
*) sumber data Perputakaan Unila bulan Juni 2012