Inkubator Bisnis dan Job Fair akan ada di PJK

Ruangan Penggguna PJK Unila
Salah satu ruangan untuk pengguna di PJK Unila.

(Unila) : Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) Universitas Lampung (Unila) terus berbenah dengan menyajikan layanan yang bermutu. Menurut Indra Jantana, SE., salah satu staf di PJK Unila, tren mahasiswa Unila yang datang untuk mencari informasi tentang lowongan kerja di PJK semakin bertambah.

“Jika dilihat dari absensi, mahasiswa yang memanfaatkan PJK Unila untuk mencari informasi pekerjaan semakin menunjukkan grafik peningkatan, terutama mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian,” tutur Indra saat ditemui di ruang PJK Unila, Senin (15/7) siang.

Lebih lanjut Indra mengatakan jika PJK Unila tidak hanya menyediakan informasi tentang lowongan kerja, namun juga menyediakan workshop-workshop tentang kiat mencari atau menciptakan lowongan kerja. “Karena pada intinya, PJK Unila ini ada untuk menyiapkan dan membekali lulusan Unila sesuai dengan kompetensi yang diperlukan dunia kerja agar mampu bersaing dalam pasar kerja,” paparnya.

PJK Unila juga selalu menjadi ruang untuk pusat pengembangan kewirausahaan dan pusat pelayanan. Nantinya akan dibentuk satu divisi baru di sana, lanjut Indra, yakni Divisi Inkubator Bisnis yang akan lebih diarahkan sebagai pendukung kegiatan kewirausahaan.

“Dalam divisi itu juga nantinya akan berisi konsultasi bisnis dan karir. Akan ada dua psikolog Unila dari Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP yang diajak bekerja sama untuk program tersebut. Materinya diarahkan untuk Knowing Your Self,” tutur Indra.

Agenda yang akan datang, PJK Unila akan mengadakan job fair besar-besaran. “Kegiatan job fair ini adalah program kegiatan gebrakan PJK Unila. Selama ini PJK Unila belum banyak yang tahu, maka diharapkan dengan mengadakan job fair, akan menjadi gebrakan besar bahwa Unila juga mampu mengadakan kegiatan job fair karena selama ini banyak pihak luar justru yang mengadakan kegiatan job fair di Unila,” ungkap Indra.

Saat ini juga PJK Unila tengah memperbaiki database ratusan perusahaan-perusahaan baik di dalam provinsi maupun luar Provinsi Lampung, hahkan hingga ke perusahaan-perusahaan luar negeri yang nantinya bisa bekerjasama dan dimanfaatkan mahasiswa maupun alumni Unila.[] Andro