Informasi SNMPTN di Media

Pendaftar SNMPTN Unila 52 Ribu

(Unila): Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2015 untuk Universitas Lampung (Unila) terus meningkat. Hasil sementara menjelang tiga hari penutupan pendaftaran SNMPTN, Rabu (13/3) lalu tercatat, jumlah calon mahasiswa Unila mencapai 52.666 peserta.

Humas Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN Unila Muhamad Komarudin, S.T., M.T., mengatakan, Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unila menempati posisi pertama dalam jumlah peminat. Tahun ini peminat Jurusan Manajemen mencapai 3.655 peserta.

Disusul Imu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 3.238 peserta. Sementara program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) diminati sebanyak 3.070 peserta.

Kendati demikian, sambung Komarudin, angka tersebut tidak menggambarkan jumlah riil peserta. Setiap peserta memiliki empat pilihan program studi pada dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berbeda atau dua program studi jika hanya menempatkan satu PTN pilihan.

“Proses registrasi peserta berakhir pada 8 Maret dan akan diperpanjang hingga 11 Maret. Hal itu memberikan kesempatan bagi sekolah untuk melengkapi data pada Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS),” ujarnya.

Meskipun jumlah pendaftar tahun ini meningkat signifikan, sambungnya, belum mengakomodasi potensi siswa pendaftar yang ada. “Mengingat jumlah sekolah yang berpartisipasi di Lampung baru di kisaran 30 persen,” kata dia.[]