Mahasiswa FP Dapat Dana Hibah Ristekdikti

MAHASISWA Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) berhasil meloloskan empat judul program kreatifitas mahasiswa (PKM) yang diadakan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Kabar tersebut kami dapatkan setelah Kemenristekdikti merilis proposal PKM yang didanai maksimal Rp12,5 juta per proposal Jumat (10/3/2017) di web ristekdikti,” jelas dosen Pembina Kemahasiswaan Jurusan Perikanan dan kelautan FP Unila Maulid Wahid Yusuf, kemarin (12/3/2017).

Menurutnya, ada enam jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, di antaranya PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyrakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Penulisan Ilmiah (PKM-I) dan PKM-Karya Tulis (PKM-KT).

Dia menggunakan, pihaknya berusaha membangun kultur ilmiah dan berperan aktif dalam peningkatan kapasitas mahasiswa, baik melalui inovasi di bidang penelitian,kreatifitas sosial kemasyarakatan maupun pengembangan teknopreneurship perikanan.

Karenanya,dalam ajang PKM tersebut, pihaknya mengirimkan 60 karya mahasiswa yang kemudian terpilih 4 judul oleh Kemenristekdikti. Maulid menyebutkan, prestasi itu merupakan buah sinergi dan kerja sama semua pihak dalam meningkatkan kualitas karya PKM.

Lebih jauh dia mengungkapkan, jurusan perikanan tahun ini, menerima mahasiswa ilmu kelautan, sehingga akan menambah amunisi baru. “Dengan adanya tiga proram studi di jurusan perikanan dan kelautan tahun 2018 ini, kami berharap ke depan bisa membuat judul PKM yang lebih baik dan berkualitas,” ujarnya.

Adapun tiga prodi baru tersebut adalah prodi Budidaya Perairan, Sumberdaya Akuatik, dan Ilmu Kelautan. Sementara ketua Jurusan Perikanan dan Kelautan FP Unila Siti Hudaidah mengungkapkan, pihaknya akan terus membina mahasiswa menuju ajang PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang tahun Ini diadakan di Sulawesi Selatan.

“Kita akan mendorong mahasiswa untuk menumbuhkan inovasi dan kreatifitas dan menyalurkannya dalam proposal PKM. Kami berharap torehan yang telah diraih di tahun 2017 bisa lebih meningkat di tahun 2018, baik secara kuantitas maupun kualitas,” sebutnya.

Terpisah, Dekan FP Unila Irwan Syukri Banuwa menyebutkan, secara umum ada 51 judul PKM Unila yang didanai oleh Kemenristekdikti, dan sepertiga judul berasal dari mahasiswa FP.[radarlampung/alf/iny]