Informasi SNMPTN di Media

Informasikan Beberapa Perubahan SNMPTN 2016

(Unila): Usai menggelar sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kepada Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK dan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MA kabupaten/kota se-Lampung, Universitas Lampung kembali menginformasikan beberapa perubahan terkait kebijakan penerimaan mahasiswa baru 2016.

Kegiatan yang dihelat di Gedung Serbaguna Unila, Rabu (10/2) ini diikuti sebanyak 500 kepala sekolah (kepsek) SLTA di Lampung. Sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut dari peraturan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang pelaksanaan SNMPTN.

Dalam arahannya Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Bujang Rahman mengatakan, salah satu informasi yang disampaikan kepada peserta sosialisasi yaitu berubahnya komposisi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN yang semula 50 persen kini menjadi 40 persen. Sedangkan sisanya, 30 persen untuk alokasi SBMPTN dan 30 persen seleksi mandiri atau lokal.

Perubahan selanjutnya, lanjut Bujang, terkait akreditasi sekolah partisipan SNMPTN. Mantan Dekan FKIP Unila ini menjelaskan, sekolah dengan akreditasi tinggi nantinya akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk mendaftarkan siswanya pada SNMPTN 2016.

Sekolah dengan akreditasi A berkesempatan mendaftarkan 75 persen siswanya, sekolah terakreditasi B 50 persen, terakreditasi C 20 persen, dan akreditasi lainnya hanya bisa mendaftarkan 10 persen terbaik di sekolahnya.

Humas PTN Muhamad Komarudin menambahkan, sosialisasi ini merupakan salah satu media bagi institusinya menyampaikan kebijakan-kebijakan dan informasi baru seputar PMB 2016, khususnya mekanisme SNMPTN.

“Harapannya sosialisasi ini mampu meningkatkan pemahaman kepala sekolah dan memacu sekolah untuk berperan aktif dalam memasukkan data siswa di laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” ujarnya.[inay]