Hasil SBMPTN Diumumkan 12 Juli

Hasil tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 akan diumumkan pada 12 Juli mendatang.

“Hasil tes akan diumumkan melalui koran atau web http://www.sbmptn.or.id,” kata Humas SBMPTN M. Komarudin, Rabu (19/6/2013).

Sementara bagi yang mengambil prodi seni serta bidang olahraga, maka secara serentak akan dilakukan tes praktik. Ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kemampuan peserta. Sebab, pada jurusan seni dan olahraga, lebih banyak praktik dibanding teori.

Adapun pelaksanaan ujian praktik akan dilaksanakan, 20-21 Juni. “Saya harapkan peserta bisa mengikuti ujian praktik ini, karena ini merupakan syarat bagi peserta bisa berkuliah di PTN,” ujar Komarudin.

Dari 16.483 calon mahasiswa yang mengikuti tes SBMPTN, ada dua calon mahasiswa yang mengikuti tes praktik tersebut. Dua orang tersebut adalah Th Avilla Rosalia yang menderita tunarungu dengan pilihan sosial dan humaniora (soshum) serta ruang tesnya di C2 Fakultas Pertanian Unila

Sementara satu calon mahasiswa lagi adalah Ichsan Ridwan, alumni Bina Insani yang mengambil prodi pendidikan luar biasa UNJ, UNY, dan Universitas Negeri Padang.

Selain itu, pada pelaksanaan hari kedua SBMPTN, untuk prodi sainstek dan campuran, terdapat 503 peserta yang tidak hadir dari 9.262 peserta. Sedangkan pada prodi soshum beserta campuran, terdapat 594 peserta dari 10.666 yang tidak hadir.

Komarudin membenarkan ada sebanyak 503 peserta yang tidak hadir pada sesi pertama atau prodi saintek dan pada sesi kedua untuk prodi soshum, ada sebanyak 594 peserta yang tidak hadir.

Dia juga menegaskan, hingga saat ini tidak ditemukan joki dalam tes penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Hal ini terjadi karena panitia telah melakukan antisipasi perjokian dengan memberlakukan prasyarat bahwa peserta harus membawa foto yang disertai Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau ijasah.

Selain itu, peserta tidak boleh membawa alat komunikasi seperti ponsel dan tas ditaruh di depan ruangan. Apabila peserta melanggar, maka akan diberikan teguran kemudian nama yang bersangkutan akan masuk dalam berita acara. Sehingga nantinya calon mahasiswa tersebut bisa dinyatakan tidak lulus tes SBMPTN 2013.

“Adapun lembar jawaban peserta SBMPTN 2013 langsung dibawa ke Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk dikoreksi,” pungkasnya.


Sumber : Tribun Lampung – Rabu, 19 Juni 2013

Artikel ini diambil dari berbagai media yang memberitakan tentang Universitas Lampung, tidak memperhitungkan ada kerja sama atau tidak dengan media tersebut.