FKIP Unila Buka Prodi Pendidikan Bahasa Perancis

(Unila) : Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila) kembali menambah program studi (prodi) yakni Pendidikan Bahasa Perancis. Hingga kini secara keseluruhan program studi di FKIP berjumlah 26 prodi. Dekan FKIP Unila Dr. Bujang Rahman, M.Si., mengatakan, Surat Keputusan (SK) pendirian program studi Pendidikan Bahasa Perancis program sarjana dikeluarkan Mendikbud dengan Nomor 74/E/O/2014 Tanggal 7 Mei 2014.

“Suratnya baru saja kita terima kemarin, Selasa (12/8). Jadi ini maraton kita mengerjakannya. Kalau Pendidikan Bahasa Perancis ini sudah didirikan berarti FKIP secara keseluruhan memiliki 26 prodi yang terdiri dari 16 prodi S1 dan 10 prodi S2,” ujarnya, kemarin.

Menurut Bujang, banyaknya prodi yang dibuka di FKIP Unila ini tidak lain adalah untuk memudahkan masyarakat Lampung untuk belajar di wilayahnya sendiri sehingga tidak lagi harus ke pulau Jawa untuk menempuh pendidikan di program studi yang sama. Hal ini juga mendorong agar ke depan Unila bisa menjadi perguruan tinggi negeri rujukan bagi calon mahasiswa luar Lampung.

Bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di prodi Pendidikan Bahasa Perancis bisa mendaftarkan diri melalui sistem online unila.ac.id pada 14-22 Agustus mendatang. Kemudian tes tertulis akan dilangsungkan pada 23 Agustus di gedung FKIP Unila dilanjutkan tahap pengumuman kelulusan pada 26 Agustus mendatang melalui online atau media lokal.

Terpisah Dosen FKIP Unila Diana Rosita S.Pd., M.Pd., menambahkan, prodi Pendidikan Bahasa Perancis sudah lama ingin dibuka bahkan sejak dimulainya kursus Bahasa Perancis di Balai Bahasa Unila tahun 1998 silam. Namun karena berbagai kendala akhirnya mandat untuk membuka prodi Pendidikan Bahasa Perancis urung dilaksanakan.

“Selain memenuhi permintaan para mahasiswa yang ingin lanjut studi, prodi Pendidikan Bahasa Perancis dibuka untuk masyarakat Lampung yang ingin belajar bahasa Perancis. Jadi mereka tidak perlu lagi ke luar karena di Unila sudah tersedia,” kata Diana yang digadang-gadang akan menjadi kepala prodi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Perancis FKIP ini.[] Inay