FGD Penguatan Fungsi Legislasi DPD RI-Perguruan Tinggi

 

(Unila): DPD RI dan Fakultas Hukum Universitas Lampung (FH Unila) menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) guna membahas serangkaian penelitian di ruang sidang utama lantai II Rektorat, Kamis (15/6/2017).

Kegiatan FGD ini dihadiri Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin beserta para wakil rektor dan jajaran pimpinan Unila, Pimpinan PPUU DPD RI Djasar Men Purba, S.H., beserta seluruh anggota DPD RI, Gubernur Provinsi Lampung yang diwakili staf ahli Theresia Sormin, S.H.

FGD ini tidak hanya dilakukan di Universitas Lampung saja namun dilakukan secara serempak di tiga lokasi, yaitu di Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Yogyakarta.

Dalam sambutannya Hasriadi mengatakan, Lampung merupakan provinsi yang sangat terdepan dalam transmigrasi. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan pemimpin-pemimpin Unila yang selama 18 tahun diamanahi pada putera-putera transmigran. Begitu pula dengan komposisi mahasiswa di Unila yang sangat multietnis, artinya kampus Unila diibaratkan sebagai kampus Indonesia mini.

Namun dalam realitanya, lanjut Hasriadi, sengketa tanah di lokasi transmigrasi menjadi salah satu persoalan besar sehingga menjelma menjadi konflik lokal masalah tanah. Kebijakan pemerintah terhadap penduduk lokal sering dipertanyakan terutama dalam pengurusan sertifikat tanah.

“Penduduk lokal selama ini sulit untuk mendapatkan sertifikat sedangkan penduduk transmigran mudah mendapatkannya. Dengan adanya konflik seperti ini, sangat dipertanyakan bagaimana kepastian hukum untuk penduduk lokal dan transmigran.”

Rektor berharap, dengan diskusi FGD ini menciptakan peneliti-peneliti andal di bidang hukum sehingga mampu memecahkan solusi dalam masalah tersebut dan Unila bisa ikut andil dalam menyelesaikan masalah bangsa ini termasuk memecahkan permasalahan transmigrasi khususnya pertanahan.[Dwi Putriana LG_Humas]