Dinas Perhubungan Pringsewu CAT di Unila

(Unila): Sebanyak 146 orang pegawai kontrak dari Dinas Perhubungan Kabupaten Pringsewu mengikuti proses seleksi dengan sistem CAT di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Universitas Lampung (Unila) hari ini, Senin (18/1).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pringsewu Muhamad Dawam mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tes untuk pertama kalinya.

“Kita dari pemerintah daerah Kabupaten Pringsewu bekerja sama dengan UPT TIK Unila menyelenggarakan seleksi tenaga kontrak hari ini. Seleksi ini diperuntukkan bagi tenaga kontrak Dinas Perhubungan Kabupaten Pringsewu. Total ada 146 peserta,” terangnya.

Ia mengatakan, saat ini di pemkab Pringsewu belum memiliki fasilitas CAT online, karena itu pihaknya memilih bekerja sama dengan UPT TIK Unila. Terlebih kedua belah pihak, yakni Pemkab dan Unila telah menandatangani kerja sama yang disepakati melalui MoU. Selain itu Unila juga sudah terbukti kredibilitas dan kualitasnya.

“Di Pringsewu sendiri belum ada layanan CAT. Kami pilih Unila, yang jelas karena kredibilitasnya serta pengalaman teknis yang sudah dimiliki UPT TIK Unila dalam melaksanakan tes online seperti halnya CAT ini.”

Mengenai teknis pelaksanaan Dawam mengungkapkan, diawali dengan MoU sebagai payung hukum antara Unila dan Pemkab Pringsewu. Kemudian pihak BKD Pringsewu melakukan pengajuan ke Unila untuk menggunakan fasilitas TIK. Selanjutnya pihak Unila merancang soal dan dilanjutkan dengan pelaksanaan tes online dan wawancara.

“Tes ini akan dilaksanakan dua gelombang sehingga 146 peserta akan dibagi menjadi dua kelompok, disambung kembali besok. Untuk pengumuman sendiri kami akan menunggu hasil koreksian pihak Unila,” ujarnya.

Dawam menilai secara umum, fasilitas yang diberikan TIK Unila cukup baik. Fasilitas yang ia lihat benar-benar memadai. “Laptopnya baru semua, kami saja kalah. Kemaren tes IPDN juga kan di sini diadakannya. Jadi menurut saya kalau dari standar sudah sangat memadai.”[Inay]