BAPSIK Unila Sosialisasikan Peraturan Menteri Keuangan

(Unila) : Bagian perencanaan Biro Administrasi Perencanaan Sistem Informasi dan Kerja sama  (BAPSIK) Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan sosialisasi tiga Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Kegiatan yang dibuka langsung Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P Harianto, M.S., ini digelar di Kampoeng Wisata Tabek Indah Resort, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (15/2), mulai pukul 08.00–15.30 WIB.

Tiga peraturan menteri keuangan yang disosialisasikan antara lain PMK Nomor 71/PMK.02/2013 Tentang  Pedoman Standar Biaya, Standar Struktur Biaya, dan Indeksasi dalam Penyusunan RKA-K/L, PMK Nomor 72 /PMK.02/2013 Tentang Standar Biaya Masukan, dan PMK Nomor 07/PMK.02/2014 Tentang Tata Cara Revisi Anggaran.

Kepala BAPSIK Unila Drs. Mardi Syahperi, M. M., mengatakan, sosialisasi ini selain untuk menginformasikan ketiga PMK dan tata cara revisi anggaran, dilakukan sebagai sarana untuk mendapatkan pencerahan seputar pengelolaan keuangan, honorarium, tunjangan kinerja, isu-isu pengelolaan keuangan, hingga mengumpulkan saran dari narasumber yang bersifat teknis.

“Sabtu ini merupakan hari yang bermakna bagi pengelola unit kerja karena berkaitan dengan dilaksanakannya sosialisasi PMK. Kegiatan dilakukan secara panel dengan tiga narasumber yang dipandu satu moderator. Secara teknis pelaksanaan dibagi menjadi tiga sesi dengan cara menyampaikan materi sosialiasasi oleh narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dengan para peserta,” ujar Mardi di sela-sela kegiatan.

BAPSIK dalam melaksanakan agenda mengundang tiga narasumber yang kompeten di bidang pengelolaan keuangan. Ketiganya antara lain berasal dari Direktorat Anggaran II, Direktorat Jenderal Anggaran (Ditjen Anggaran), Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dalam paparannya, ketiga narasumber menyampaikan empat pokok materi sosialisasi. Mulai dari kebijakan  pengelolaan anggaran khususnya perencanaan penganggaran berbasis kinerja, kemudian sosialisasi PMK Nomor 71 dan 72 Tahun 2013 tentang Standar Struktur Biaya, sosialisasi PMK Nomor 07 Tahun 2014 tentang Tata Cara Revisi Anggaran, serta penjelasan terkait output cadangan.

Agenda sosialisasi yang dilakukan di tempat wisata yang beralamat di Desa Serbajadi, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan ini ditutup oleh Pembantu Rektor II Dr. Ir. Dwi Haryono, M.S.

Turut hadir Pembantu Rektor I Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., para dekan fakultas, para pembantu dekan II, ketua lembaga, sekretaris lembaga, kepala biro, kepala UPT, ketua jurusan, kepala bagian, dan kepala subbagian di lingkungan Universitas Lampung.[] Inay