8.279 Peserta CPNS Pemprov Lampung Tes CAT di Unila

(Unila): Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Lampung (UPT TIK Unila) mulai menyelenggarakan tes Computer Assisted Test (CAT) bagi 8.279 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pemerintah provinsi (Pemprov) Lampung, hari ini, Kamis (4/12).

Kepala UPT TIK Unila Muhamad Komarudin, S.T., M.T., mengatakan, pelaksanaan tes akan berlangsung hingga 10 Desember. Rincinya, per hari akan dilaksanakan 6 sesi tes mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. “Sedangkan di hari terakhir pelaksanaan tes akan diselenggarakan sebanyak 7 sesi mulai pukul 07.00 hingga 20.00 WIB,” tuturnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/12).

Dalam penyelenggaraan tes CAT CPNS pemprov Lampung kali ini, UPT TIK Unila menyiapkan 200 unit komputer yang disebar di empat titik lokasi yakni ruang 201 sebanyak 94 unit komputer, ruang 202 sebanyak 30 unit, ruang 203 dan 204 sebanyak 38 unit komputer. UPT TIK juga menyiapkan 20 unit laptop sebagai cadangan, jenset, dan UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk mengantisipasi hilangnya daya listrik akibat pemadaman maupun gangguan listrik.

Untuk mengantisipasi kecurangan, penyelenggaraan ujian juga dimonitor dengan CCTV (Closed-circuit television) yang dialokasikan di empat ruang tersebut. Sebelumnya, pihak UPT TIK sudah melakukan penyegelan empat ruang utama ujian agar tidak ada intervensi ataupun gangguan dari banyak pihak. Prosesi simulasi, penyegelan, hingga penentuan aturan model tes CAT dilakukan perwakilan BKN, Kepala BKD Lampung Sudarno Eddi, dan Asisten IV Pemprov Lampung Hamartoni.

“Kita berharap peserta mematuhi peraturan yang sudah dipublikasi di media massa, termasuk persiapan di ruang registrasi, verifikasi, proses pencocokan data, hingga ruang pelaksanaan ujian. Itu harus dilakukan seksama guna meminimalisasi praktik perjokian maupun berbagai hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Komarudin menjelaskan, untuk proses kelulusan ini BKN sudah mempunyai standar nilai kelulusan berdasarkan ketentuan nasional pada masing-masing tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).[] Inay