Unila-BKN Siapkan Simulasi CAT‏

(Unila): Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Lampung (Unila) tengah melakukan persiapan simulasi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui program CAT (Computer Assisted Test). Simulasi ini rencananya digelar pada 26 September mendatang di BBS Unila lantai II.

Kepala UPT TIK Muhamad Komarudin, S.T., M.T., melalui Kasubbag Humas Unila M. Bardul Huda, S.I.Kom., mengatakan, simulasi ini akan dilakukan bekerja sama dengan tim dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Pihak Unila menyediakan fasilitas pendukung seperti perangkat komputer sebanyak 200 unit, jaringan internet, ruangan, dan tim teknis. Sedangkan BKN menyiapkan contoh-contoh soal yang akan diisi para peserta saat melakukan simulasi penyelenggaraan CAT.

Badrul menjelaskan, untuk jumlah ruang yang akan disiapkan terdiri dari empat lokal dengan kapasitas masing-masing 90, 30, 30, dan 50 unit komputer. Tim sudah menyiapkan segala sesuatunya seperti penyediaan generator, UPS, penyiapan jaringan, bahkan semua ruang sudah terhubung dengan Close Circuit Television (CCTV) untuk mendeteksi ada tidaknya indikasi kecurangan.

Sehingga simulasi ini memang diadakan untuk mengetahui secara dini jika masih terdapat kendala, misalnya saat listrik padam, jaringan intenet kurang memadai, atau bahkan celah-celah kecurangan bisa diketahui dan diantisipasi dengan segera. Simulasi ini juga memperlihatkan kepada pihak-pihak terkait bagaimana proses penyelenggaraan CAT CPNS itu berlangsung.

“Simulasi ini kemungkinan akan berlangsung sekitar 90 menit. Pesertanya nanti akan kita undang dari beberapa pihak seperti pemda dan mahasiswa yang berhubungan langsung dengan komputer,” kata dia, Jumat (19/9). Dari segi pengalaman, sambungnya, Unila selama beberapa tahun terakhir dipercaya pemerintah untuk menyelenggarakan tes sertifikasi dosen yang juga menggunakan sistem berbasis komputer. Oleh karena itu, Kampus Hijau ini menyatakan siap apabila diminta untuk memfasilitasi terlaksananya tes CPNS tahun 2014 ini.

Dengan catatan, tes dilakukan secara periodik. Jika tes diselenggarakan secara konvensional atau menyeluruh itu tidak mungkin bisa tercover sebab Unila tidak bisa memfasilitasi puluhan ribu pelamar CPNS dalam satu waktu.

Dalam sistem CAT, para peserta hanya tinggal mengisi soal-soal tes CPNS yang ada dalam software yang telah terinstal di komputer. Untuk kerahasiaannya sendiri, sistem CAT melibatkan organisasi sandi negara yang jika diukur dari hasil pelaksanaan tes tahun lalu memang sudah terbukti lebih baik daripada sistem sebelumnya yakni menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK).