FP Usul Pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian‏

wan_abbas
Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

(Unila) : Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) mengajukan usulan pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian atau disingkat Fateta Unila. Hal itu disampaikan langsung Dekan Fakultas Pertanian Unila Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., kepada anggota senat universitas di ruang sidang Gedung Rektorat Lantai II Unila, Selasa (10/6).

Dikatakan Abbas, pembukaan Fateta Unila pada hakikatnya merupakan perwujudan amanat RPJP Unila 2005-2025 yang saat ini telah memasuki tahap kedua dari empat tahap yang direncanakan. Pembukaan Fateta Unila juga merupakan jawaban atas kebutuhan lingkungan eksternal sekaligus menjawab tantangan perkembangan lingkungan keilmuan dan tuntutan perkembangan agroindustri yang sangat pesat di Provinsi Lampung.

“Usulan ini telah mendapatkan dukungan dan persetujuan dari Senat Fakultas Pertanian pada 15 Mei 2013 lalu, beserta sivitas akademika Fateta Unila, dan stakeholder/mitra kerja yang ditujukan kepada Universitas Lampung agar menyediakan satuan pendidikan di bidang teknologi pertanian,” ujar guru besar Ilmu Ekonomi Pertanian ini.

Fakultas Pertanian, sambungnya, merupakan salah satu fakultas tertua di Unila yang saat ini mengelola tujuh jurusan dengan total 14 program studi. Jumlah total dosen saat ini mencapai 265 orang yang membina sekitar 3.500 mahasiswa. Dosen berkualifikasi pendidikan S2 dan S3 telah mencapai lebih dari 80 persen.

Memperhatikan potensi yang dimiliki dan upaya efektivitas pencapaian beban kerja serta memenuhi tantangan pengembangan bidang keilmuan kekinian maka sudah saatnya Fateta Unila dibentuk. Berdirinya Fateta Unila akan didukung oleh dua jurusan yakni Teknologi Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian.

Adapun faktor pendukung pembukaan Fateta dilandasi beberapa hal. Antara lain daya tampung dan kualifikasi calon mahasiswa. Total student body tiga program studi sebagai pendukung Fateta adalah 696 mahasiswa. Faktor lain yakni gambaran peminat, kurikulum, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, alat bantu pengajaran, laboratorium, kepustakaan, pembiayaan, serta pengelolaan.

“Dari beberapa paparan yang diuraikan dapat disimpulkan pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian Unila merupakan langkah strategis, sesuai visi dan misi Unila. Layak secara akademik, kemampuan sumberdaya, hingga keberlanjutan. Oleh karenanya perlu didukung realisasinya,” pungkas Abbas.[] Inay